It's my blog… It's my life…

7 ATURAN UNTUK MARAH

1. Marahlah dengan judul yang jelas.
Jangan marah-marah tanpa alasan atau ngelantur kemana-mana. Itu hanya akan membuat bingung orang lain yang mendengarkan Anda marah. Kita boleh saja marah apabila melihat atau merasa ada yang salah, keliru, tidak benar, tidak adil, dll. Ada kalanya marah itu perlu untuk membuat sesuatu atau sesorang kembali baik.

2. Hati panas tapi kepala tetap dingin.
Jangan melakukan atau mengucapkan sesuatu yang akan membuat Anda menyesal sendiri. Jangan sakiti hati orang lain dengan kata-kata kita yang kelewat pedas atau kasar, apalagi dengan penghinaan.

3. Fokus pada solusi bukan masalah.
Jangan sekedar marah-marah tapi pikirkan juga solusi untuk masalah yang dihadapi, supaya energi Anda tidak terbuang sia-sia saat marah.

4. Jangan mendramatisir masalah.
Untuk persoalan kecil tidak usahlah kita marah. Kita perlu belajar bertoleransi terhadap setiap persoalan atau konflik yang kita alami karena tidak semua hal harus diributkan. Abaikan saja hal-hal sepele yang menggangu jika Anda tidak mau dicap cerewet.

5. Komunikasikan kemarahan Anda.
Jangan diam saja memendam kemarahan Anda. Hal itu bisa membahayakan kesehatan fisik dan jiwa Anda. Orang pun juga akan bingung dengan sikap Anda yang tiba-tiba diam. Tapi jangan juga mengomel tak jelas dan memaksa orang lain menjadi bak sampah Anda. Katakan apa yang menggangu pikiran Anda dan utarakan dengan jelas.

6. Marahlah dengan tujuan baik.
Marah bukanlah untuk sekedar melampiaskan emosi, tetapi juga untuk membuat keadaan yang kacau menjadi baik.

7. Jangan malu minta maaf bila Anda keliru.
Kadang-kadang kita pun harus mengaku apabila Anda keliru marah-marah. Tidak ada salahnya untuk minta maaf agar orang lain pun tidak jadi balik marah kepada Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: